logotrafficRankings Memiliki ranking yang paling kecil di Alexa tentu menjadi dambaan bagi para pemiliki blog, hal ini terkadang menjadi tolak ukur bahwa web tersebut ramai oleh pengunjung. Bagi Anda yang masih memiliki ranking Alexa berjuta-juta tidak usah minder atau berniat bunuh diri lalat, sebab para pemiliki ranking Alexa yang kecil juga tidak dengan begitu saja mendapatkannya. Dibutuhkan waktu, strategi trik dan kerja keras untuk mencapai semua itu.

Memiliki rangking yang kecil di Alexa tentunya akan memberikan keuntungan bagi pemilikinya, sebab ada beberapa bisnis online yang berpatokan pada Alexa traffic rank, semakin kecil yang income yang di dapat juga akan besar. Selain itu, tidak menutup kemungkinan perusahan atau pemiliki bisnis memasang iklan di blog yang dimiliki. Bukankah itu sungguh menarik?

ff_screenshot Ada beberapa teman dan juga pembaca yang sering bertanya kepada saya, bagaimana sebearnya cara yang mujarab untuk menaikan menurunkan rangking Alexa.

Nah, beberapa trik yang bisa digunakan untuk menaikan menurunkan ranking Alexa adalah sebagai berikut:

  1. Selalu rajin mengupdate isi blog Anda, terutama dengan kontent-kontent yang menarik dan di butuhkan orang, misalnya seperti tip dan trik. Ingat, para pengguna blog terutama yang baru bergabung kebanyakan akan mencari tip dan trik mengenai blog untuk menghias blognya.
  2. Buatlah postingan yang di lengkapi dengan gambar, terutama jika isinya berupa tutorial. Tentu pengunjung akan merasa terbantu dari tutorial yang Anda buat dan tidak akan kapok berkunjung.
  3. Rajin-rajinlah melakukan blog walking, berikan komentar yang baik pada blog yang Anda kunjungi. Jika perlu Anda bisa memberikan suatu solusi untuk pemecahan masalah, jika dalam blog yang Anda kunjungi tersebut terdapat postingan yang tidak terlesaikan solusinya.
  4. Lakukan pertukaran link, terutama dengan blog yang pengunjungnya sudah ramai atau memiliki trafik tinggi.
  5. Buatlah sebuah eBook menarik yang bisa di unduh atau di download secara gratis, trik ini memang sederhana, tetapi boleh dibilang sangat mujarab untuk menambah trafik.
  6. Bergabunglah dengan beberapa blog katalog terkenal, seperti blog catalog, blogtoplist, blograma dan masih banyak lagi.
  7. Bergabunglah dengan social bookmarking, sedikit banyak akan membantu untuk menjaring pengunjung,
  8. Pasang widget Alexa pada blog yang dimiliki(sudah tentu dong ^^).
  9. Buatlah postingan yang membahas mengenai Alexa Rank, seperti yang saya buat ini. Rata-rata pemilik blog akan mengetikan kata kunci “trik/tips meningkatkan traffic Alexa Rank” ketika mengalami kesulitan dalam meningkatkan traffic Alexa.
  10. Desainlah web Anda dengan semenarik mungkin, sehingga pengunjung blog akan ‘rindu atau kangen band‘ untuk melihat kembali tampilan situs Anda yang menarik.
  11. Jika ada pertanyaan atau komentar lakukanlah moderasi(di jawab maksudnya), dengan demikian pengunjung akan merasa di perhatikan oleh pemilik blog dan tidak akan kapok berkunjung kembai ke blog yang Anda miliki.
  12. Pasanglah widget untuk berlangganan artikel, tentunya jika ada postingan menarik penerima artikel tersebut akan berkunjung ke blog Anda.
  13. Lakukan promisi di jejaring sosial, seperti di Friendster, Plurk, Facebook, Multiply,terutama mengenai blog Anda.
  14. Berdoa kepada Tuhan dan minta ampunannya, selalu berharap agar ranking Alexa menjadi lebih kecil(ini penting nih, jangan sampai terlewatkan).

Jika Anda memiliki saran atau trik silakan tambahkan ya, semoga trik di atas bisa membantu. Ingat! jangan terambisi dengan Alexa, hal utama yang mendasar dalam ngeblog adalah content. buatlah content yang menarik dan bermanfaat.